web counter Setelah lulus kuliah D3, lanjut ke D4 apa S1? - Info Kuliah

Header Ads

PKK

Setelah lulus kuliah D3, lanjut ke D4 apa S1?

Jika anda yang sedang mencari informasi Setelah lulus kuliah D3, lanjut ke D4 apa S1?, maka Info Kuliah akan menyampaikan tentang Setelah lulus kuliah D3, lanjut ke D4 apa S1? seperti dibawah ini:

Setelah lulus kuliah D3, lanjut ke D4 apa S1?



Setelah lulus kuliah D3, lanjut ke D4 apa S1?

Beberapa hal yang harus dipertimbangan untuk memilih jenjang pendidikan (D4/S1) yang harus anda pilih setelah lulus D3 :

1. Akreditasi dan Reputasi Universitas/Polteknik
Tentu kita ingin pendidikan yang berkualitas dengan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar, hal ini biasnya berbanding lurus dengan  akreditasi universitas bersangkutan, dengan akreditasi yang bagus reputasi almamater setidaknya  kamu juga akan dipandang bagus saat mencari kerja nanti saat kesan pertama anda memperkenalkan diri dari alumni mana, akreditasi juga berpengaruh pada urusan administrasi pada saat melamar kerja nanti, karena ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan minimal dari lulusan universitas dengan akreditasi B. jadi untuk D4 atau S1 pastikan sudah terkreditasi, kalau bisa akreditasi A paling tidak B lah.

2. Jurusan yang dipilih
Jangan lupa untuk  jurusan apa saja yang dapat menerima mahasiswa alih kredit/lintas jalur. kalau bisa sih yang linier, misalnya kalau D3 dari jurusan manajemen informatika cari jurusan yang informatika juga, agar nanti dalam proses adaptasi saat kuliah S1 tidak terlalu sulit

3. SKS yang diakui
Pastikan dulu ke badan urusan akademiknya, berapa sks dari matakuliahmu waktu D3 yang diakui, jumlah sks yang diakui akan mempengaruhi lama studimu

4. Lama Studi
Kalau dari lama studi D4 biasanya 1-1,5 tahun sudah lulus sedangkan untuk S1 rata-rata masih harus menempuh waktu yang lebih lama yaitu 2 tahun di beberapa universitas negeri.

5. Biaya Pendidikan
Semua kembali ke masalah klasik, yaitu uang. biaya pendidikan sekarang semakin mahal jadi pertimbangan kan dulu sumber dana yang ada agar kamu tidak putus kuliah ditengah jalan. Dan saat ini telah banyak universitas yang memberikan bermacam metode pembayaran yang akan sangat membantu.

6. Prospek Kerja
Dari prospek kerja manasih yang lebih bagus lulusan D4 atau S1, secara akademik D4 dan S1 mempunyai level yang sama cuma bidang garapan aja yang berbeda, kalau D4 lebih ke implentasi ke industri sehingga urusan praktek lebih jago, sedangkan S1 lebih ke bidang akademisnya, jadi lebih banyak menganalisa suatu masalah. Jadi sudah kelihatan kan beda bidang dan tujuan pekerjaannya nanti. tapi secara de facto memang masih banyak perusahaan dan badan pemerintahan yang menganggap D4 dan S1 berbeda. lulusan D4 juga akan menemui hambatan saat ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi lagi, karena hanya beberapa universitas dalam maupun luar negeri yang mau menerima lulusan D4.

7. Gelar Setelah Lulus
Untuk infomasi, D4 lulusannya akan menyandang gelar dibelakang namanya yaitu S.ST (Sarjana Sains Terapan), dan S1 gelar biasanya sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari S.Kom(Sarjana Komputer), SE(Sarjana Ekonomi), ST(Sarjana Teknik) dll.


Diberdayakan oleh Blogger.