web counter Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA - Info Kuliah

Header Ads

PKK

Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA

Jika anda yang sedang mencari informasi Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA, maka Info Kuliah akan menyampaikan tentang Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA seperti dibawah ini:

1


Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA



Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA

Bagi mereka yang baru saja lulus SMA, memilih jurusan kuliah yang sesuai kadang kala menjadi hal yang sangat membingungkan.
Untuk siswa lulusan kelas IPA , mungkin daftar pilihan jurusan berikut dapat membantu dan  bisa menjadi pertimbangan dan juga memiliki prospek bagus untuk kedepannya.

1. Jurusan Matematika dan IPA (MIPA)
Untuk yang  jago hitung menghitung dan memutar logika nggak ada salahnya masuk jurusan ini. Setelah lulus nanti, bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai keahlian (jangan lupa dibarengi ketekunan dan kerja keras).
Prospek Kerja: Staff atau Tim Lapangan Pertambangan dan Perminyakan

2. Jurusan Teknik Sipil
Ini jurusan yang paling banyak pesaingnya. Kenapa? Soalnya lulusan teknik sipil banyak dicari di lapangan kerja. Prospek kerjanya juga banyak banget. Apalagi saat ini sedang gencar-gencarnya proyek pembangunan infrastruktur. Kesuksesan sebuah proyek pembangunan pasti membutuhkan tenaga dan pikiran dari seorang insinyur.
Prospek kerja: Kontraktor,Konsultan,BUMN,Dosen

3. Jurusan Teknik Elektro
Semua tentang listrik dan rangkaian di dalam smart phone atau device-device lain adalah hal-hal yang berhubungan dengan elektro. Teknik Elektro adalah bidang engineering yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan umat manusia dalam ratusan tahun terakhir. Kontribusi EE diperkirakan akan semakin berkembang di masa depan.
Prospek Kerja: Operator dan Vendor

4. Jurusan Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Fisika
Pemerintah terus melakukan pembangunan untuk PLTU di beberapa tahun mendatang dengan kapasitas 10.000 MW. Ini tentunya perlu melibatkan lulusan-lulusan dari teknik mesin, industri dan fisika.
Prospek Kerja: Teknisi dan Staff BUMN bidang Industri

5. Ilmu Komputer dan Teknik Informatika
Banyak perusahaan yang butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. lapangan kerjanya tidak akan pernah habis, apalagi melihat perkembangan teknologi yang seakan belum lelah berlari.
Prospek Kerja: IT, Maintenance, Web Designer

6. Jurusan Teknik Nuklir
Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ini sangat sedikit, contohnya adalah UGM. Kamu yang punya minat di dunia kenukliran bisa coba pilih yang satu ini. Tenagamu pasti dibutuhkan oleh beberapa negara, terutama untuk negara maju yang teknologinya sudah jauh dibandingkan Indonesia.
Prospek Kerja: Ahli Nuklir dan BUMN PLTN

7. Jurusan Pendidikan Dokter
Menjadi seorang dokter adalah cita-cita dari sebagian siswa jurusan IPA. Sekolah dokter memang memakan waktu yang lama dan banyak pengorbanan. Tapi sudah jelas kalau permintaan akan profesi ini akan terus meningkat. Setelah lulus kuliah kedokteran, kamu bisa memilih untuk mengambil spesialisasi juga.
Prospek Kerja: Dokter, Ahli Gizi, Konsultan Kesehatan

8. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Arsitek
Kamu yang mengambil jurusan IPA juga bisa mencoba untuk masuk jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Interior maupun Arsitek. Ketiga jurusan itu juga nggak terlepas dari hitung-hitungan.Bahkan saat kuliah pun kamu sudah bisa memulai bisnismu, dengan menjadi freelancer.
Prospek Kerja: Desainer Grafis, Desainer Interior, Arsitek

9. Jurusan Agrobisnis atau Pertanian
Jurusan ini mulai banyak dilirik karena prospeknya ke depan juga bagus. Yang terkenal sudah pasti adalah di IPB. Apalagi nuansa kampus di Fakultas Pertanian, selalu rindang dan asri. Namanya juga Pertanian, jadi di sekitar kampus pasti dikelilingi oleh tanaman-tanaman hidup. Pokoknya suasana kampusnya go-green banget.
Prospek Kerja: Ahli Pertanian, Konsultan Pertanian

10. Jurusan Farmasi
Jurusan ini cocok untuk kamu yang ingin jadi apotik berjalan. Bagaimana tidak? Obat-obatan adalah jodohmu setiap hari. Kamu dan dia harus saling kenal tak cukup dari nama, tapi juga manfaat untuk kesehatan. Lulusan farmasi bisa bekerja di rumah sakit atau laboratorium kesehatan.
Prospek Kerja: Ahli Farmasi, Staff Kesehatan, dan Perawat

11. Jurusan Batra (Pengobatan Tradisional)
Sedikit asing ketika mendengar nama jurusannya. Malah mungkin ada yang belum tau ini jurusan apa. Jurusan batra adalah jurusan yang berhubungan dengan obat-obatan tradisional. Untuk lulusan dari prodi Batra mungkin akan banyak menghadapi tantangan. Karena prodi Brata ini baru ada di program Ahli Madya FK Universitas Airlangga.
Prospek Kerja: Ahli pembuatan obat tradisional dan Staff Laboratorium


Diberdayakan oleh Blogger.