web counter Jurusan Psikologi? Peluang kerjanya? - Info Kuliah

Header Ads

PKK

Jurusan Psikologi? Peluang kerjanya?

Jika anda yang sedang mencari informasi Jurusan Psikologi? Peluang kerjanya?, maka Info Kuliah akan menyampaikan tentang Jurusan Psikologi? Peluang kerjanya? seperti dibawah ini:

Jurusan Psikologi? Peluang kerjanya?





Beberapa peluang pekerjaan setelah lulus kuliah jurusan Psikologi:
  1. Konselor, lulusan psikologi memungkinkan untuk menjadi seorang konselor misalnya konselor remaja atau yang lainnya, di perusahaan yang levelnya besar jabatan konselor ini ada yang fungsinya berkaitan dengan konseling dengan karyawan yang membutuhkan. Kalau di luar perusahaan biasanya LSM atau NGO yang consent terhadap remaja, anak atau gender.
  2. Psikolog, jika anda lulus S1 psikologi dan melanjutkan kuliah S2 dengan konsentrasi psikologi profesi (Bisa psikologi klinis dewasa, klinis anak, psikologi pendidikan, psikologi industri dan psikologi sosial) maka anda akan mendapatkan gelar psikolog. Psikolog juga digunakan dibanyak industri pemerintah sampai militer dan swasta. Jika di perusahaan biasanya lebih ke recruitment dikarenakan untuk mengeluarkan hasil test psikologi yang memiliki legal hukum adalah psikolog. Sedangkan untuk S1 sebagai tester atau membuat membuat laporan dibawah supervisi dari seorang psikolog. Jika di rumah sakit seorang psikolog bisa menjadi seorang konselor klinis terhadap gangguan jiwa ataupun yang berkaitan dengan hambatan perkembangan mental anak. Namun ada banyak lagi jenis pekerjaan yang ada di psikolog ini. Misalnya mendirikan tempat praktik sendiri seperti seorang dokter. Praktik psikolog ini bisa berkaitan dengan tempat konsultasi ataupun tempat test calon karyawan.
  3. Human Resources Development (HRD)
  4. Guru Bimbingan Konseling, jika anda minat untuk menjadi seorang guru maka yang cocok untuk lulusan psikologi adalah menjadi guru bimbingan konseling. Untuk sekolah yang memiliki guru khusus yang berkaitan dengan bimbingan konseling mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Banyak kebutuhan guru bimbingan konseling ini jika dibandingkan dengan yang minat. Namun tidak semua sekolah mempunyai lowongan ini biasanya adalah sekolah swasta yang cukup besar. Tugas dari seorang guru bimbingan konseling adalah memberikan bimbingan dan konseling dengan anak yang berkaitan dengan masalah anak di sekolah seperti berkaitan dengan hambatan belajar ataupun untuk memaksimalkan potensi anak di sekolah.
  5. Dosen Psikologi, jika anda meneruskan ke S2 maka anda memiliki peluang untuk menjadi seorang dosen. Menjadi seorang dosen untuk sekarang memang di syaratkan yang sudah lulus S2. Untuk menjadi dosen pun banyak pilihannya. Bisa di bidang sosial, perkembangan, klinis, perilaku industri, umum. Jadi kalaupun anda mendaftar menjadi seorang dosen maka akan banyak pilihan sesuai dengan bidang anda selama S2 dan juga posisi lowongannya. Apakah mudah menjadi seorang dosen psikologi? Berdasarkan pengalaman untuk S1 yang melanjutkan ke S2 tidaklah banyak sehingga peluang untuk menjadi seorang dosen banyak sekali. Terutama universitas swasta.
  6. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus, sebuah pekerjaan yang menarik jika anda tahu celahnya. Terapis anak berkebutuhan khusus, kalau di Indonesia yang paling banyak adalah terapis untuk anak Autis. Jumlah anak Autis tidak sebanding dengan jumlah terapis yang lulusan psikologi. Terapis ini kerjasama dengan lembaga atau anda bekerja pada sekolah anak berkebutuhan khusus. Untuk pekerjaannya adalah terapi anak agar kembali atau membuatnya dapat mandiri dan sesuai dengan perkembangannya.
  7. Peneliti, untuk yang memiliki passion sebagai seorang peneliti tidak salahnya anda mencoba pekerjaan ini. Baik anda seorang lulusan S1 ataupun S2. Banyak lowongan yang membutuhkan seorang peneliti di perusahaan besar dan kalau lembaga penelitian yang sudah terkenal di Indonesia semisal LIPI. Bisa juga menjadi peneliti di LSM ataupun di pemerintahan yang biasanya berkaitan dengan kajian kebijakan public dan jika di perusahaan berkaitan dengan kepuasan pelanggan. 
  8. Trainer, jika menyukai yang berkaitan dengan pelatihan, pekerjaan menjadi trainer bisa untuk di coba. Trainer disini bisa ikut lembaga training ataupun brand secara personal. Jika ikut lembaga biasanya training yang berkaitan dengan motivasi, pengembangan diri, kelompok ataupun organisasi. Namun jika menjadi trainer brand personal bisa mengambil kelas khusus atau sertifikasi yang menjadi passion anda. Misalnya Hipnotis, Hipnoterasi, atau NLP dan sebagainya. Sangat luas untuk pekerjaan yang berkaitan dengan training. Yang lagi naik daun anda bisa menjadi trainer di event outbond. Kalau outbond ini untuk brandnya lebih familiar. Sedangkan untuk content-nya bisa di customize karena sangat banyak untuk materi yang berkaitan dengan outbond. Untuk penghasilan seorang trainer tidaklah bisa dipandang sebelah mata. Jika anda menjual sebuah training atau pelatihan hasilnya bisa melebihi dari pada menjadi karyawan di perusahaan. Kalau sudah punya brand bahkan untuk pendapatannya satuannya adalah perjam tampil
  9. Guru sekolah kepribadian, selama kuliah pasti akan sering mendengar untuk kata kepribadian, karena ini adalah satu satu domain utama dari jurusan ini. Artikel yang berkaitan dengan kepribadian sudah banyak saya tulis di dalam blog ini. Menjadi guru sekolah kepribadian bukan hal yang tidak mungkin. Apakah memang benar ada sekolah kepribadian? Ada, misalnya di Jakarta ada sekolah kepribadian yang bertujuan untuk misalnya merubah kepribadian anak, atau merubah kepribadian diri, atau kepribadian menjadi public figure yang biasanya diminati orang yang akan atau sudah menduduki jabatan public seperti calon anggota DPR, artis, Anggota DPR ataupun pejabat public lainnya.
  10. Pekerja sosial untuk jenis pekerjaan ini diperlukan orang yang memiliki passion sosial dan semangat untuk melayani yang tinggi. Relawan ini dapat bekerja di LSM atau NGO yang menjamur di Indonesia. Baik yang berkaitan dengan masalah sosial ataupun penyakit ataupun gangguan jiwa. Banyak LSM yang konsen misalnya terhadap masalah sosial, anak gelandangan, pengemis, gelandangan psikotik, masalah anak yang terlantar dan mengalami kekerasan, pengembangan komunitas. Sangat luas sekali. Sedangkan untuk di pemerintahan juga ada, namanya pekerja sosial. Misalnya di kementrian sosial atau kementrian kesehatan membutuhkan banyak sekali pekerja sosial lulusan psikologi.
  11. Research n Development, R n D, ini adalah pekerjaan yang ada pada perusahaan yang digunakan untuk melakukan penelitian dan pengembangan produk yang akan di pasarkan ke konsumen, tergantung pada bidang industrinya, misalnya untuk Gadget yang dikeluarkan oleh perusahaan Korea untuk produk Samsung, atau Perusahaan Amerika yang mengeluarkan produk Iphone. Dalam researchnya tentu memperhatikan banyak aspek, berkaitan dengan perilaku, tentunya yang memiliki kompetensi ini salah satuny adalah lulusan Psikologi, oleh karena itu dalam research untuk pengembangan produknya misalnya adalah, bagaimana perilaku konsumen Eropa dalam memegang Gadget, Asia bagaimana, kemudian bagaimana perilaku konsumen dalam menyimpan, menggunakan atau misalnya desain yang bagaimana yang dianggap konsumen memiliki nilai wah, dan ini karena pemasarannya global, oleh karena itu harus diperhatikan aspek detail dan diwujudkan dalam produk yang harapannnya tidak ada resistensi dari konsumen dan dapat diterima semua kalangan.
  12. Staff Ahli, staff ahli ini bisa untuk perusahaan atau untuk pemerintahan, memang untuk untuk fresh graduate atau entry level, jika sudah memiliki kompetensi dan pengalaman yang mumpuni, jabatan ini cukup menarik. Jika di dalam pemerintahan, Presiden bahkan dalam kerjanya di bantu juga dengan staff ahli tergantung bagiannya apa, Anggota Dewan juga ada, dari Gubernur, Bupati juga ada. Kemudian psikologi memiliki kontribusi apa dalam membantu pekerjaan publik pemimpin-pemimpin Indonesia, Tentu ingat bagaimana presiden SBY dalam setiap pidato menggunakan gesture yang kelihatan berwibawa, penggunakan gesture tertentu dalam penekanan kalimat dan sebagainya. Ini tidaklah alami, namun ada team yang memberikan masukan untuk gesture apa yang sesuai, bagaimana gaya pidatonya, kemudian pemilihan kata-kata. Ini sepertinya sederhana namum dampaknya sangat besar, misalnya pidato politik yang tujuannya adalah untuk influence masyarakat, pemilihan kata, pembawaaan diri memiliki kontribusi untuk menggolkan tujuan dari pidato politik. Hal tersebut ada ilmunya, dan saya secara pribadi untuk jabatan-jabatan publik yang sering tampil di Media memiliki team yang bisa membantu untuk mencreate sebuah tampilan yang bisa diterima oleh semua kalangan. Tentunya pernah dengar juga jabatan-jabatan publik di Luar Negeri yang harus mengundurkan diri karena blunder dalam menyikapi permasalahan tertentu, atau karena isi status twitter, atau tindakan yang diluar pekerjaan namun mempengaruhi jabatan. Oleh karena semua mata memperhatikan ke pejabat publik, oleh karena itu ada baiknya dalam setiap pembuatan pernyataaan resmi dan sebagainya melibatkan staff ahli.
  13. Konselor karir, kedengarannya memang asing mungkin di telinga pembaca, namun dengan meningkatnya gaya hidup di negara kita, termasuk pekerjaan, membutuhkan seorang konselor karir untuk membantu klien dalam mempertimbangkan sebuah job yang baru, atau job yang sekarang, kesesuaian dengan klien, dapat juga berisikan tentang membantu klien dalam meningkatkan pembuatan CV, teknik interview atau berkaitan dengan tekanan dalam pekerjaan.
  14. Psikolog Olahraga, psikolog olahraga untuk diluar negeri memang sudah menjadi sebuah pekerjaan yang umum. Di Indonesia mulai ada juga, terutama untuk membantu altet yang akan bertanding baik di kejuraan dalam negeri maupun luar negeri. Yang lebih umum lagi terdapat dalam olahraga sepak bola. Apa sih tugas dan peran seorang psikolog olahraga ini?, diantaranya adalah untuk membantu performance dari altet dari sisi psikologi, memberikan motivasi seperti halnya meningkatkan tingkat kepercayaan diri, mengurangi hambatan diri dan juga salah satu treatment ketika atlet cedera.
  15. Psikolog Forensik, pekerjaan ini sangatlah spesifik, jika di Indonesia adalah Dokter Forensik, ada juga Psikolog Forensik, dan keduanya jumlahnya sama terbatasnya. Psikolog forensik ini bertugas biasanya di wilayah hukum, misalnya membantu dalam penyelidikan sebuah kasus yang spesifik seperti kriminal. Pekerjaan ini membutuhkan analisa yang mendalam karena berkaitan dengan penyidikan sebuah kasus. Mempelajari pola dan perilaku manusia adalah sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini. 
  16. Psikolog Klinis, pekerjaan ini mengkhususkan diri berkaitan dengan gangguan mental. Seorang psikolog klinis membantu individu untuk kembali menjadi seorang yang mampu beradaptasi lagi dengan lingkungnya dan menjadi kehidupan menjadi normal. Gangguan mental yang dimaksud termasuk banyak sekali dari kecemasan, phobia, gangguan kepribadian, psikotik sampai skizoprenia. Dan ini merupakan salah satu jurusan di S2 Psikologi yang membutuhkan extra waktu dan tenaga untuk bisa lulus. 
  17. Guru PAUD, TK dan SD, berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru bahwa salah satu kualifikasi untuk Guru PAUD, TK dan SD salah satunya adalah dari jurusan Psikologi dari program studi yang sudah terakreditasi. Ini menjadi sebuah alternatif, jika setelah lulus ingin mengajar.

Diberdayakan oleh Blogger.