web counter Apa itu SKS (Satuan Kredit Semester)? - Info Kuliah

Header Ads

PKK

Apa itu SKS (Satuan Kredit Semester)?

Jika anda yang sedang mencari informasi Apa itu SKS (Satuan Kredit Semester)?, maka Info Kuliah akan menyampaikan tentang Apa itu SKS (Satuan Kredit Semester)? seperti dibawah ini:

Apa itu SKS (Satuan Kredit Semester)?



Apa itu SKS (Satuan Kredit Semester)?

SKS (Satuan Kredit Semester) adalah ukuran yang digunakan untuk menentukan besarnya beban studi mahasiswa, keberhasilan usaha kumulatif suatu program tertentu serta menentukan besarnya penyelenggaraan pendidikan (khususnya bagi dosen). Satu SKS meliputi kegiatan pendidikan selama 45-50 menit per minggu.

Setiap mata kuliah memiliki jumlah SKS-nya sendiri tergantung kepada berat dan seberapa banyak bahasannya. Jumlah SKS paling kecil untuk setiap mata kuliah biasanya adalah 1 SKS dan yang terbesar adalah 6 SKS.

Berikut ini ilustrasi SKS yang diambil oleh seorang mahasiswa MIPA pada semester 1:
Fisika Dasar              3 SKS    2-1
Kimia Dasar              3 SKS    2-1
Biologi umum           4 SKS    3-1
Matematika Dasar     3 SKS    2-1
Bahasa Indonesia      2 SKS    2-0
Pendidikan Agama    2 SKS    2-0
Jumlah                     19 SKS  15-4

Jumlah 19 SKS dengan pembagian 15 SKS kuliah kelas dan 4 SKS praktikum berarti 15x50 menit pertemuan kuliah/minggu, dan 4x3 jam praktek/minggu

Seorang mahasiswa dalam satu semester biasaya dapat mengambil maksimal 24 SKS, dikarenakan hampir tidak mungkin seorang mahasiwa dapat mengatur waktunya kalau lebih dari itu.

Total SKS yang dibutuhkan seorang mahasiswa untuk menyelesaikan kuliah program sarjana (S1) adalah mereka harus menyelesaikan 144-160 SKS yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu 2,5 - 4 tahun, sedangkan untuk program D3 mahasiswa disyaratkan untuk memenuhi110-120 SKS yang biasanya dapat diselesaikan dalam waktu 2,5 tahun.



Diberdayakan oleh Blogger.