web counter Menjadi seorang dokter - Info Kuliah

Header Ads

PKK

Menjadi seorang dokter

Jika anda yang sedang mencari informasi Menjadi seorang dokter, maka Info Kuliah akan menyampaikan tentang Menjadi seorang dokter seperti dibawah ini:

Menjadi seorang dokter



Pendidikan dokter merupakan pendidikan jangka panjang, di kenal istilah long life study, karena menjadi dokter dituntut belajar seumur hidup.
Kali ini kita akan coba cari tahu proses kuliah untuk menjadi seorang dokter, kutipan dari buku “Dokter juga manusia” karya dr. Iqbal Mochtar.

Setelah menyelesaikan pendidikan SMU/SMA para pelajar diharuskan bersaing ketat untuk dapat ke dalam fakultas kedokteran (PMDK/SNMPTN/UM/dsb), kebanyakan universitas menetapkan standar kemampuan intelektual yg cemerlang serta kesehatan fisik dan mental yg baik.
Setelah diterima di fakultas kedokteran, para mahasiswa akan menempuh pendidikan selama 4-5 tahun. Pada masa pendidikan ini dipenuhi jadwal kuliah dan laboratorium yang padat. Mahasiswa dituntut memiliki daya hafal yang tinggi karena hampir seluruh mata kuliah membutuhkan kemampuan menghapal, selain itu juga terdapat tugas-tugas. Tidak sedikit mahasiswa yang menyelesaikan masa pendidikan ini dalam waktu 6-8 tahun. Apabila mereka telah menyelesaikan tahap ini, maka akan memperoleh gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked).

Untuk menjadi dokter penuh, sarjana kedokteran masih perlu menjalani kegiatan kepanitraan klinik (coschaap) yang umumnya berkisar 2-4 tahun. Pada tahap ini mereka mulai berhadapan langsung dengan pasien di RS berupa kontak langsung, memberikan pengobatan dan tindakan pada pasien dengan persetujuan dokter senior atau dokter yang bertugas. Mereka akan berotasi dari bagian satu ke bagian lainnya dan akan menjalani ujian ketat agar dinyatakan lulus dan bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Bila semua bagian telah dilalui barulah mereka mendapatkan gelar dokter umum. Tapi disini mereka belum boleh menangani pasien di praktek pribadi atau bekerja di RS.
untuk mendapatkan surat izin praktek, maka para dokter umum ini wajib mengikuti Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI), ujian ini sangat sulit karena mencakup klinis dan materi seluruh perkuliahan. Tak sedikit yang harus mengikuti ujian berkali-kali agar lulus dan mendapatkan STR (surat tanda registrasi) untuk bahan pengajuan membuat SIP.

Bila dihitung-hitung, total waktu yang dibutuhkan untuk menjalani sekolah dokter umum bervariasi anatar 6-10 tahun. Bila si mahasiswa pandai dan rajin serta ada dukungan lingkungan yg kondusif maka ia bisa menyelesaikan tepat waktu 6 tahun, tapi bila sebaliknya maka waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 10 tahunan.

Setelah menjadi dokter umum, para dokter di berikan opsi untuk mengikuti PTT sebagai sarana untuk menerapkan ilmu dan keterampilan pada masyarakat. Dimana mereka akan ditempatkan di puskesmas, RS, DepKes, dll. Masa bakti ini bervariasi antara 6 bulan – 3 tahun tergatung jauhnya/kategori lokasi.

Bagi dokter yang ingin melajutkan program spesialis, maka ia harus menjalai serangkaian tes masuk sesuai bidang yang diminati. Masa pendidikan bervariasi antara 4-7 tahun.
Beberapa dokter setelah menyelesaikan spesialis, mereka melanjutkan ke jenjang superspesialis. Dan ini membutuhkan masa pendidikan selama 2-4 tahun. Dokter seperti ini nantinya akan mendapatkan gelar konsultan, seperti dr. Anto SpPD, KGH. SpPD (spesialis penyakit dalam) sedangkan KGH (Konsultan ginjal hipertensi), artinya dokter ini telah melewati dokter spesialis penyakit dalam dengan keahlian superspesialis dibidang penyakit ginjal dan hipertensi.

Jadi bila seorang anak menyelesaikan SMA saat usia 18 tahun dan langsung masuk Fakultas Kedokteran, maka ia dapat menjadi dokter di usia 25-29 tahun, menyelesaikan masa PTT pada usia 28-32 tahun, dan bila melanjutkan spesialis maka akan selesai di usia 32-39 tahun.
Setelah menjadi dokter spesialis dalam usia muda, ia belum tentu dapat berproduksi maksimal (menghasilkan materi). Dokter spesialis membutuhkan waktu 3-5 tahun untuk dikenal masyarakatdan memiliki banyak pasien. Sehingga baru pada usia 35-42 tahun lah seorang dokter spesialis dapat ‘menghasilkan’. Setelah menempuh jenjang pendidikan formal seperti diatas, maka dokter dituntut untuk mengikuti pendidikan non formal untuk mengasah keterampilannya seperti seminar medis, pertemuan ilmiah, dan CME.


Ini hanya perhitungan berdasarkan waktu, untuk perhitungan berdasarkan masing-masing universitas menetapkan biaya pendidikan yang berbeda. Silahkan hubungi unversitas terkait untuk estimasi biaya yang dibutuhkan.

Diberdayakan oleh Blogger.